Lahat - Bupati Lahat Cik Ujang SH bakal dinobatkan menjadi presiden Kopi Lahat. Hal ini disampaikan oleh Dewan Kopi Lahat, saat pertemuan di kantor Pemda Lahat, Rabu (4/9). Membahas kopi Lahat dan pro

PEMKAB.LAHAT Kamis, 05 September 2019 13:43:58 Budaya 230

Ketua Dewan Kopi Lahat H Hasnul Basri didampingi Sekjen Dewan Kopi Lahat M Syhariza, bahwa penobatan Bupati Lahat sebagai presiden kopi Lahat ini karena kepedulian Bupati dalam upaya peningkatan kualiatas dan kuantitas perkebunan kopi Lahat.

"Beliau mendukung terbentuknya Dewan Kopi Lahat serta pengajuan Indikasi Geografis Kopi Robusta Lahat," ungkap Ujang Master Trainer Kopi sapaan akrab M Syahriza.

Rencananya gelar diberikan saat pelantikan pengurus Dewan Kopi Lahat pada pertengahan September 2019 mendatang,Lanjutnya. untuk perkebunan kopi di Lahat, saat ini yang mampu menghasilkan biji kopi berkualitas masih sporadis. Harapan kedepan, dengan adanya Identifikasi Geografis nanti dan dukungan Pemkab  Lahat, maka kopi Lahat bisa dikenal luas serta petaninya merata mampu menghasilkan kopi yang berkualitas. Kopi yang berkualitas memiliki harga yang tinggi sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan petani kopi dan masyarakat Lahat.

Selain itu, Bupati Lahat Cik Ujang SH juga mendapatkan penghargaan melalui Sriwijaya Coffee Award. Atas besarnya perhatian dan kepedulian yang telah dilakukan terhadap pengembangan Komoditi Kopi di Sumatera Selatan. Selain Bupati, produk Kopi Robusta Lahat Bukit Jempol juga mendapatkan pengharagaan dalam ajang tersebut. Kegiatan ini diselengarakan oleh Masyarakat Peduli Kopi Sumatera Selatan (MPKS), Duta Kopi Indonesia dan Forum CSR Kesos Sumsel bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.

Pada 5 September 2019 mendatang di Hotel Dayra Palembang, dalam rangka memperingati Hari Kopi Internasional sekaligus Grand Final Pemilihan Duta Kopi Sumsel 2019.