Bahasa Indonesia English
SEKILAS INFOSaksikan Pertandingan Tinju Amatir Nasional Piala Wakil Presiden RI III Kabupaten Lahat Sebagai Tuan PEMERINTAH KABUPATEN LAHAT MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA ( 10 DZULHIJJAH 1435 H ) Saksikan Acara Festival Serelo IV Tanggal 11s/d 15 di lap.Eks ( MTQ ) Kab.Lahat dan di hibur oleh Ar Untuk melihat Info DAFTAR NOMINATIF TENAGA HONORER KATEGORI II Kab. Lahat Silakan Download di Halam Saksikan kemampuan putra putri Lahat dalam membaca, menulis dan memahami Al-qur'an dalam MTQ XVII

PETATAH PETITIH KABUPATEN LAHAT ( BAGIAN 1 )

Bookmark and Share
Senin, 03 September 2012 - 11:10:24 WIB » Diposting oleh : Administrator » Hits : 2310 » Budaya

 

 

 

 

 

"SEKAPUR SIRIH"

 

Sebagaimana diketahui bahwa Kabupaten Lahat merupakan Daerah yang penuh dengan panorama yang indah, peninggalan sejarah purbakala yang melambangkan kebudayaan masa lalu yang tinggi. Penyusun  petatah petiti baghi dari amanat Puyang Menjadikan Jagat ini, disajikan dalam bentuk tulisan, sehingga  masyarakat diharapkan akan dapat lebih mudah mendalami isi dan maknanya.

 

Disajikannya  petatah petitih baghi ini  dalam Website Resmi Pemerintah Kabupaten Lahat di tujukan untuk melestarikan nilai-nilai luhur yang diwariskan oleh nenek moyang secara turun temurun  dan merupakan bagian dari khasanah budaya Nasional. Dirahapkan kiranya petata petiti ini akan dapat menunjang motto pembangunan Kabupaten Lahat " TAKWA " yaitu Tertib, Aman, Kwalitas, Waspada, Amal.

 

Dengan memahami maknanya setiap warga menyadari  untuk ikut serta dalam pembangunan, sesuai dengan pesan jeme baghi antara lain terkutip kata - kata mutiara" NDULU GALAK NGAPAH NYAMOU, KENDIAN GALAK BEBENTALAN" ( dimuka sanggup memimpin dan menanggung resiko, dibelakang siap membawah pembekalan ), janganlah hendaknya kita menjadi : PENDULU DINDAK KENDIAN SEDUT BEJALAN SEGHEMPAK MEGHINTAL KETING". ( Berjalan duluan tidak mau, berjalan kemudian enggan dan berjalan bersama - sama menghambat ).

 

 

BAB I

PESAN, AJUNGAN, PUYANG

 

1. IKAN MATI JANGAN DIK NGAMBIK =   Apabila ada ikan mati jangan tidak

    AGUK DUSUN JANGAN NINGGAL        mengambil dan apabila ada kewajiban

                                                      Besama juga jangan tidak  diikuti.

 

Contoh – contoh :

 

  1. Apabila banyak orang yang dapat rezki karena menanam jeruk dan lain – lain tanaman, kitapun harus menanam walaupun dalam jumlah kecil. Demikian juga dalam usaha – usaha lainya.
  2. Apabila ada tugas untuk kepentingan bersama ( gotong – royong ), seperti pembersihan kampung, jalan pemandian atau membangun Masjid Langgar dll, maka kita pun harus mengikutinya.

 

 

 

2. UTANG BAYAR, PIUTANG TANGGAPI = Apabila berhutang harus di bayar,    berpiutang wajib di taggih.

 

Contoh – contoh :

 

  1. Apabila kita berhutang, baik berupa uang ataupun barang, harus di bayar, hutang padi di bayar padi, hutang beras di bayar beras dan sebagainya.
  2. Hutang darah di bayar darah, hutang nyawa di bayar dengan nyawa, piutang darah di tanggapi dengan darah, piutang nyawa di tanggapi pula dengan nyawa ( berlaku bagi sanak famili ysb ).

Pada pasal 2 sub b diatas sering kali berakibat negatif, oleh karenanya tidak lagi bisa dipakai pada pergaulan abad ke 20 ini, dan juga bertentangan dengan hukum Negara.

 

 3. NDEPAT MBALIK, SERAME BEGHAGEH = Menemukan uang atau barang       

                                                          wajib di       kembalikan.         

                                                          Milik  besama harus di bagi.

Contoh – contoh :

  

Menemukan barang di perjalanan atau di tempat lain, barang itu harus di     kembalikan kepada yang empunya.

 

Hak milik bersama, seperti kolam ikan atau buah – buahan tanaman nenek  moyang, harus di bagi. Termasuk uang milik bersama harus di gunakan untuk kepentingan bersama . Penyimpangan adalah korupsi.

 

(bersambung minggu depan ........)

Berita Lainnya


Bupati Kabupaten LAHAT

H. Saifudin Aswari Riva'i, SE

Wakil Bupati Kabupaten LAHAT

Marwan Mansyur, SH, MM
Statistik

1418628

Pengunjung hari ini : 22
Total pengunjung : 236672
Hits hari ini : 265
Total Hits : 1418628
Pengunjung Online : 2
Ip :
Browser :